Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen
Konsumen Cerdas Paham Akan Hak Perlindungan Konsumen-Insya Alloh dari Review ini bisa memberikan Inspirasi serta Motivasi buat kita semua.Prosedur akan perlindungan dan standard produk yang telah di tetapkan oleh pemerintah.Hal ini menurut saya sangat vital dan penting mengingat produk yang standard lebih aman untuk di pakai oleh para konsumen yang umumnya adalah masyarakat luas.
Sebagai contohnya, coba kita melihat beberapa kasus kompor gas meledak yang memakan korban jiwa pada tahun 2012 sempat menggemparkan masyarakat di Indonesia. Selain kelalaian dari konsumen hal itu di picu oleh serangkaiaan produk selang, regulator, dan tabung yang di gunakan tidak menggunakan Standard Nasional Indonesia (SNI) yang telah di anjurkan oleh pemerintah. Itulah segelintir fakta di mana produk yang tidak memberikan perlindungan konsumen (tidak standard SNI) tidak menjamin dan berbahaya terhadap keamanan dalam penggunaan.
"~Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen~"
Sebagai contohnya, coba kita melihat beberapa kasus kompor gas meledak yang memakan korban jiwa pada tahun 2012 sempat menggemparkan masyarakat di Indonesia. Selain kelalaian dari konsumen hal itu di picu oleh serangkaiaan produk selang, regulator, dan tabung yang di gunakan tidak menggunakan Standard Nasional Indonesia (SNI) yang telah di anjurkan oleh pemerintah. Itulah segelintir fakta di mana produk yang tidak memberikan perlindungan konsumen (tidak standard SNI) tidak menjamin dan berbahaya terhadap keamanan dalam penggunaan.
"~Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen~"
Itulah fakta di mana produk yang menggunakan Standard Nasional Indonesia (SNI) lebih aman di bandingkan dengan produk yang tidak memiliki label SNI. Di sini saya saya menghimbau kepada para pembaca untuk menggunakan produk yang menggunakan label SNI untuk mutu dan keamanan.inilah bukti dari terselenggaranya kampanye dalam rangka menyambut Hari Konsumen Nasional yang bertema sangat membangun inspirasi dan Motivasi sebagai Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen.Di mana kita sebagai konsumen harus selektif dan lebih teliti dalam menentukan dan membeli produk. Dan sekian dulu posting singkat ini lain kali jika ada waktu longgar saya akan menulis mengenai Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen part 2 yang memiliki tujuan baik untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjadi Konsumen yang cerdas.
Dirjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Nus Nuzulia Ishak juga memiliki pendapat yang sama dan sangat setuju dengan diberlakukannya peran pengawasan dalam mengatur barang beredar dan jasa senantiasa wajib dilakukan agar kualitas perlindungan konsumen meningkat.Pada saat ini saja terbukti masih banyak barang dan jasa yang beredar di masyarakat yang menyalahi aturan pemerintah,dan tidak memenuhi persyaratan SNI
Paparan dari hasil pengawasan kemendag periode Tahap VI selama bulan November – Desember 2012 lalu telah terbukti 100 produk yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.Dari total semua produk tersebut terdapat 8 produk yang melanggar serta belum memenuhi persyaratan Standar Nasional Indonesia atau disingkat dengan SNI,dan juga ada 29 produk yang melanggar ketentuan Manual dan Kartu Garansi atau juga disingkat MKG,ternyata masih ada lagi 62 produk di curigai melanggar ketentuan label dalam Bahasa Indonesia,dan 1 produk yang tidak memenuhi ketentuan produk yang diawasi distribusinya.wah dari hasil di atas semoga dapat membuat kita sadar dan bisa memperbaikinya agar semua produk dan jasa yang kita miliki bisa bermanfaat serta baik dari segi kualitas dan kuantitas,dari semua ini penting untuk kita agar menjadi Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen
saya lihat dan baca dari hasil pengawasan Kemendag secara keseluruhan selama tahun 2012 Kemendag telah menemukan 621 produk yang diduga tidak memenuhi ketentuan.Jumlah temuan ini sebesar 28 produk dibandingkan tahun 2011.Dari temuan tersebut 61% merupakan produk impor dan 39% merupakan produksi dalam negeri.Berdasarkan jenis pelanggarannya sebesar 34% produk diduga melanggar persyaratan SNI, 22% diduga melanggar MKG, 43% diduga melanggar ketentuan label dalam Bahasa Indonesia, serta 1% diduga tidak memenuhi ketentuan produk yang diawasi distribusinya.
Penegakan Hukum Dilakukan untuk Hak Perlindungan Konsumen
Tugas Mulia pemerintah akan selalu memaksimalkan kemajuan dalam menegakan hukum dalam segala bidang untuk memberikan hak serta perlindungan konsumen,metrologi legal di bumi nusantara,agar engkau turut memikirkan pentingnya sebagai Konsumen Cerdas yang Paham akan hak dalam Perlindungan Konsumen
#Kemendag RI akan meningkatkan efektifitas Pengawasan Barang Beredar di daerah perbatasan melalui kegiatan Terpadu Pengawasan Barang Beredar (TPBB), pelaksanaan pengawasan berkala/khusus, crash program, pengawasan implementasi label dalam Bahasa Indonesia dan MKG, serta pengawasan distribusi.
#Kemendag RI akan mengoptimalisasi penegakan hukum melalui peningkatan kualitas koordinasi aparat penegakan hukum dan pendampingan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Perlindungan Konsumen (PPNS-PK) di daerah. untuk info selanjutnya Semoga dengan adanya artikel ini bisa menyadarkan kita untuk bisa bersama sama memperbaiki kualitas dan kuantitas dari produk dan jasa yang kita tawarkan tanpa adanya efek buruk dari berbagai kalangan serta bisa memberikan hasil maksimal baik di lingkup nasional dan Internasional.Berusahalah memberikan yang terbaik bagi bangsa tercinta,serta jangan lupa simak juga informasi dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia melalui situs resminya yaitu :http://ditjenspk.kemendag.go.id/
Ulasan ini semoga bisa dijadikan Informasi Mengenai Hak dan Perlindungan Konsumen.jika kalian berkeinginan kuat untuk lebih detailnya kalian bisa mengunjungi Situs Resmi Direkorat Kementerian Perdagangan RI:http://ditjenspk.kemendag.go.id/ untuk mengetahui detail tentang program-program pemerintah yang di canangkan untuk mengawasi produk-produk yang beredar di pasar, atau mengetahui bagai mana produk yang memenuhi kriteria.Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen
Penegakan Hukum Dilakukan untuk Hak Perlindungan Konsumen
Tugas Mulia pemerintah akan selalu memaksimalkan kemajuan dalam menegakan hukum dalam segala bidang untuk memberikan hak serta perlindungan konsumen,metrologi legal di bumi nusantara,agar engkau turut memikirkan pentingnya sebagai Konsumen Cerdas yang Paham akan hak dalam Perlindungan Konsumen
#Kemendag RI akan meningkatkan efektifitas Pengawasan Barang Beredar di daerah perbatasan melalui kegiatan Terpadu Pengawasan Barang Beredar (TPBB), pelaksanaan pengawasan berkala/khusus, crash program, pengawasan implementasi label dalam Bahasa Indonesia dan MKG, serta pengawasan distribusi.
#Kemendag RI akan mengoptimalisasi penegakan hukum melalui peningkatan kualitas koordinasi aparat penegakan hukum dan pendampingan Penyidik Pegawai Negeri Sipil Perlindungan Konsumen (PPNS-PK) di daerah. untuk info selanjutnya Semoga dengan adanya artikel ini bisa menyadarkan kita untuk bisa bersama sama memperbaiki kualitas dan kuantitas dari produk dan jasa yang kita tawarkan tanpa adanya efek buruk dari berbagai kalangan serta bisa memberikan hasil maksimal baik di lingkup nasional dan Internasional.Berusahalah memberikan yang terbaik bagi bangsa tercinta,serta jangan lupa simak juga informasi dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia melalui situs resminya yaitu :http://ditjenspk.kemendag.go.id/
Ulasan ini semoga bisa dijadikan Informasi Mengenai Hak dan Perlindungan Konsumen.jika kalian berkeinginan kuat untuk lebih detailnya kalian bisa mengunjungi Situs Resmi Direkorat Kementerian Perdagangan RI:http://ditjenspk.kemendag.go.id/ untuk mengetahui detail tentang program-program pemerintah yang di canangkan untuk mengawasi produk-produk yang beredar di pasar, atau mengetahui bagai mana produk yang memenuhi kriteria.Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen
terima kasih sahabat atas informasi nya,tentunya saya akan turut berpatisipasi juga
BalasHapus